Social Engineering

What?
Social engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia. Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu.” (Wikipedia).

social engineering

When?
Teknik ini akan digunkan pada saat seorang Hacker/ Peretas dalam proses Information Gathering / Pengumpulan informasi.

Why?
Karena dengan metode ini sangat sedikit kemungkinan resiko yang dapat terjadi ketika seorang Hacker melakukan proses Information gathering. Yap anda tidak perlu melakukan berbagai software canggih untuk melakukan proses ini.

How?
Serangan yang dapat dilakukan oleh Hacker ialah dengan menggunakan kelemahan psikologis dari target. Entah itu dengan memutar balikkan fakta kemudian menyerang dengan pertanyaan – pertanyaan yang kemungkinan dapat dijadikan sebagai informasi ataupun dengan berpura pura melakukan survey. Ada banyak cara yang bisa digunakan, pada intinya teknik ini adalah proses menjebak korban atau bisa dikatakan penipuan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi penting dari target.
Powered by Blogger.